Berita19

berita, download, askep, anak, bedah, dalam, gadar, icu, jiwa, komunitas, kulit, manajemen, mata, maternitas, prosedur, saraf, THT

Dari Mana Munculnya Kutil?

Posted by berita19 pada 29/03/2010

Ada sebuah mitos yang menyebutkan kutil disebabkan oleh nasi yang menempel di kulit. Tapi itu hanyalah mitos karena kutil adalah salah satu gangguan di kulit. Dari mana munculnya kutil?

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh human pappilomavirus (HPV) yang merupakan salah satu virus penyebab kanker serviks (leher rahim). Tapi kutil termasuk kategori non-kanker. Virus ini hanya menyebabkan keratin yaitu protein keras di lapisan epidermis (lapisan atas kulit) yang tumbuh terlalu cepat.

Gangguan kulit kutil berbeda dengan tahi lalat. Jika tahi lalat berwarna gelap dan cukup besar sedangkan kutil seperti warna kulit yang menonjol dan cenderung kecil. Biasanya daerah tangan dan kaki yang paling sering ditemui adanya kutil.

Tampilan dari kutil berbeda-beda tergantung pada bagian mana yang ditumbuhi kutil serta ketebalan dari kulit juga mempengaruhi. Kutil yang terletak di daerah telapak kaki dikenal sebagai verruca.

Seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Selasa (23/3/2010) virus penyebab kutil dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit dan juga melalui kontak barang-barang yang digunakan seperti handuk atau sepatu.

Penyebab kutil dapat menular ke orang lain dengan cara berikut:

1. Jika seseorang menggaruk atau menggigit kutil yang ada.
2. Mengisap jari.
3. Menggigit kuku dapat menyebabkan kutil menyebar pada ujung jari dan sekitar kuku.
4. Saat mencukur wajah atau kaki.

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Karenanya ada orang yang langsung kutilan setelah bersentuhan, sedangkan yang lainnya tidak menular. Risiko seseorang tertular kutil dari orang lain memang kecil.

Para ahli mengungkapkan ada beberapa jenis kutil yaitu common warts, verrucas, plane warts dan filiform warts.

Common warts (verruca vulgaris)
Kutil jenis ini memiliki permukaan yang kasar serta teksturnya berupa benjolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Dapat muncul di setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.

Verrucas (plantar warts)
Kutil jenis ini biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras.

Plane warts (verruca plana).
Kutil jenis ini berbentuk bulat, datar, mulus dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan atau warna kulit. Lebih umum terjadi pada anak-anak dan ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

Filiform warts (verruca filiformis)
Kutil jenis ini berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher dan ketiak.

Sebagian besar kutil memang tidak memerlukan perawatan medis, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya.

Namun jika kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

sumber : detik.com

Iklan

2 Tanggapan to “Dari Mana Munculnya Kutil?”

  1. Badr said

    Berarti kutil bs brbhy jg ya. Wah perlu ht2 nh. Mksh infox

    berita19: mending di periksakan aja kalau pertumbuhan kutil menjadi lebih cepat,gatal-gatal ataupun kemerahan. makasih kembali

  2. wah bertambah pengetahuan saya tentang kutil…..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: