Berita19

berita, download, askep, anak, bedah, dalam, gadar, icu, jiwa, komunitas, kulit, manajemen, mata, maternitas, prosedur, saraf, THT

BUDIDAYA PADI

Posted by berita19 pada 20/01/2010

Padi merupakan tanaman pangan berupa rumput berumpun. Tanaman pertanian kuno berasal dari dua benua yaitu Asia dan Afrika Barat tropis dan subtropis. Bukti sejarah memperlihatkan bahwa penanaman padi di Zhejiang (Cina) sudah dimulai pada 3.000 tahun SM.
Fosil butir padi dan gabah ditemukan di Hastinapur Uttar Pradesh India sekitar 100-800 SM. Selain Cina dan India, beberapa wilayah asal padi adalah, Bangladesh Utara, Burma, Thailand, Laos,Vietnam.
Download selengkapnya disini

Satu Tanggapan to “BUDIDAYA PADI”

  1. emil said

    SUNDEP MENYERANG ANAKAN PADI RUSAK

    Untuk meningkatkan produksi padi nasional berbagai cara telah di tempuh oleh pemerintah maupun swasta. Beberapa pendekatan di rekomendasikan seperti pola tanam Legowo , SRI dan penggunaan varietas hibrida baru. Berbeda dengan pola tanam legowo, SRI maupun dengan hibrida baru , pada tahun 2005 kami mengembangkan pendekatan lain yang berfokus pada varietas lama dan tidak perlu merubah pola tanam dan teknis pemeliharaan yang sudah biasa di kerjakan petani.
    Metoda yang kami kembangkan adalah dengan merangsang bibit padi yang baru di tanam supaya menghasilkan jumlah anakan yang lebih banyak. Hal ini dapat dilakukan karena proses pembentukan anakan juga merupakan proses fisiologis yang dapat di pengaruhi dengan kombinasi nutrisi dan hormon tumbuh yang berperan dalam pembentukan anakan padi. Produk tersebut kami namakan Bintang Penambah Anakan Padi. Sama hal dengan tanaman lain seperti mangga, anggrek, anggur, apel proses fisiologisnya untuk bercabangn dan berbunga dapat di stimulus, demikian juga proses pembentukan anakan padi.

    Proses perangsangan jumlah anakan ini akan produktif jika di lakukan pada saat umur 1 – 4 minggu setelah tanam. Jika padi sudah berumur 1.5 bulan setelah tanam tidak akan menjadi anakan produktif lagi karena anakan yang baru muncul tidak dapat berkembang normal akibat penutupan cahaya matahari oleh anakan yang lebih tua. Pertumbuhan anakan akan normal jika mendapat cahaya matahari cukup.
    Manfaat dari Bintang Penambah Anakan padi sudah di akui petani di Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang dan sebagian Indramayu. Sejak tahun 2006 sampai sekarang Bintang Penambah anakan sudah menjadi produk umum di pakai petani. Sehingga di kabupaten-kabupaten tersebut cukup mudah untuk memperoleh Bintang Penambah Anakan karena sudah biasa di jual oleh toko-toko pertanian setempat.
    Peningkatan produksi yang dapat dicapai memang tidak spektakuler hanya bervariasi antara 10 -20 %. Tetapi karena petani tidak perlu mengganti jenis bibit, tidak perlu merubah pola pemupukan dan juga tidak perlu merubah cara pengendalian hama penyakit Bintang Penambah Anakan cukup di terima petani.
    Penggunaan Bintang Penambah Anakan juga di pakai petani untuk mempercepat tumbuhnya anakan baru pada lahan-lahan yang terserang hama seperti Sundep. Hama Sundep (penggerek batang) sudah menyerang pada awal pertanaman. Sundep akan merusak anakan padi yang masih kecil, sedangkan anakan inilah yang menjadi sumber panen. Banyak petani mencampur Bintang Penambah anakan dengan Insektisida Sundep agar dalam sekali penyemprotan akan membasmi sundep dan juga merangsang tumbuhnya anakan baru menggantikan yang mati/rusak oleh sundep.

    Selain di Jawa Barat ada juga rekan dari Sulawesi Selatan yang mencoba mengembangkan Bintang Penambah Anakan. Di laporkan bahwa salahsatu petani yang memilki toko dan lahan sawah mencoba Bintang pada musim tanam lalu. Hasil yang di dapat adalah dari sepetak sawahnya yang biasanya menghasilkan 11 karung setelah memakai Bintang produksinya menjadi 25 karung. Angka seperti ini memang cukup menggembirakan, tetapi kami hanya berani melaporkan berdasarkan data umum bahwa petani yang memakai Bintang Penambah Anakan akan memperoleh peningkatan produksi yang besarnya variatif.
    Untuk informasi mengenai Binatang Penambah anakan dapat menghubungi
    Emil Simbolon. Jl. Rayong No 37 D. Kebon Jeruk. Jakarta Barat. Ph. 0818 07344324.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: